Pengertian OOP
OOP (Object Oriented
Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek.
Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan
cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap
bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan
gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat,
Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek
yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat
sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling
berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada
objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar
dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling
berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.
Konsep OOP
- Abstrak Class
- Kelas merupakan deskripsi abstrak informasi dan tingkah laku dari sekumpulan data.
- Kelas dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru(blueprint) atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan objek.
- Kelas merupakan tipe data bagi objek yang mengenkapsulasi data dan operasi pada data dalam suatu unit tunggal.
- Kelas mendefinisikan suatu struktur yang terdiri atas data kelas (data field), prosedur atau fungsi (method), dan sifat kelas (property).
- Encapsulation
- Istilah enkapsulasi sebenarnya adalah kombinasi data dan fungsionalitas dalam sebuah unit tunggal sebagai bentuk untuk menyembunyikan detail informasi.
- Proses enkapsulasi memudahkan kita untuk menggunakan sebuah objek dari suatu kelas karena kita tidak perlu mengetahui segala hal secara rinci.
- Enkapsulasi menekankan pada antarmuka suatu kelas, atau dengan kata lain bagaimana menggunakan objek kelas tertentu.
- Contoh: kelas mobil menyediakan antarmuka fungsi untuk menjalankan mobil tersebut, tanpa kita perlu tahu komposisi bahan bakar, udara dan kalor yang diperlukan untuk proses tersebut.
- Inheritance
- Kita dapat mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.
- Penurunan sifat ini bisa dilakukan secara bertingkattingkat, sehingga semakin ke bawah kelas tersebut menjadi semakin spesifik.
- Sub kelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi detail dan perilaku khusus dari kelas supernya.
- Dengan konsep pewarisan, seorang programmer dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya pada kelas super berulang kali pada kelas-kelas turunannya tanpa harus menulis ulang semua kodekode itu.
- Polymorphism
- Polimorfisme merupakan kemampuan objekobjek yang berbeda kelas namun terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama.
- Polimorfisme juga dapat dikatakan kemampuan sebuah objek untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan padanya, tergantung letak objek tersebut pada jenjang pewarisan.
- Method overriding.
- Method name overloading.
Demikian penjelasan
mengenai oop,Sekarang kita akan membahas mangenai IDE
Visual Basic 2008 ,control properties,method dan event.
Pertama pastikan komputer
kamu sudah terinstal VB 2008,jika komputer anda belum terinstal VB 2008 anda
bisa mendownloadnya dari google gampang kok asal ada kuota atau anda bisa
nongkrong ke tempat tempat yang free wifi.
Langsung saja kita
jalankan Vbnya dengan cara
Klik Start
» Program » Microsoft Visual Studio 2008 » Microsoft
Visual Studio 2008
Tampilan start page VB
2008
Membuat Project
Menu File ð New Project atau Klik Create: Project atau
langsung ctrl+N
Pada Project Types: pilih Windows
Pada Templates: pilih Windows Forms Application
Pada Name: ketik
nama Project
Klik OK
Tampilan new project
Integrated Development Environment (IDE) Visual Basic 2008
Lingkungan Visual Basic
2008 terdiri dari:
- Menubar
- Toolbar
- Toolbox
- Solution Explorer
- Properties Window
- Form
1.Menubar merupakan kumpulan perintahperintah yang
dikelompokkan dalam kriteria operasi yang
dihasilkan. Visual Basic
6.0 menyediakan tiga belas menu.
2.Toolbar adalah sebuah batang tool yang berisi
tombol-tombol dengan gambar ikon yang dapat diclik untuk melakukan suatu
perintah khusus secara cepat.
3.ToolBox (Kotak Perlengkapan) yaitu kotak yang
berisi objek-objek pemrograman yang
digunakan untuk menggambar atau mendesain program.
Bila Toolbox tidak
muncul, klik menu View ð Toolbox.
4.Solution Explorer yaitu kotak yang berisi project, form, modul
program yang sedang dibuat. Solution Explorer berfungsi untuk mengeksplor form
dan modul yang ada didalamnya.
Bila Solution Explorer
tidak muncul, klik menu View ð Project Explorer.
5.Properties Window yaitu jendela yang berisi karakteristis atau
ciri-ciri dari suatu objek pemrograman.
Bila Jendela Properties
tidak muncul, klik menu View ð Properties Window.
6.Form yaitu Lembaran Kerja pemrograman atau tempat
meletakkan dan mengatur objek pemrograman.
IDE VB 2008
Control dan Properties
Control adalah sebuah objek yang dapat diletakkan
dan diatur serta menjadi bagian dari sebuah form sehingga user dapat
berinteraksi dengan aplikasi yang dibuat. Control atau objek pemrograman
terdapat pada toolbox, contohnya textbox, label, button dan lain-lain.
Control adalah sebuah
objek yang memiliki identitas dan ciri khas yang membedakan satu control dengan
control yang lain walaupun dengan basic class yang sama. Contohnya dua objek
button, masing-masing memiliki ciri khas atau karakteristik seperti:
ukuran, text, warna yang berbeda satu dengan lainnya.
Ciri khas tersebut pada
visual basic dikenal dengan properties. Properties dapat diatur
dengan dua cara yaitu: (1) melalui properties window, (2) melalui code editor.
Control atau objek yang
sering digunakan pada pemrograman beserta propertiesnya.Properties yang sama
pada setiap objek adalah Name yang berfungsi untuk memberi
nama Objek.
Code Editor
Code Editor adalah sebuah jendela yang berfungsi untuk
menulis kode program.
Untuk menampilkan Code
Editor, klik menu View ð Code
Cara yang biasa digunakan
programmer adalah dengan mengklik 2x objek yang terdapat pada Form.
Tampilan code editor
- Object Pemrograman atau Class Name
- Method Name
- Lembar pengetikan program
Method (Event)
Method merupakan kejadian atau aksi yang dapat
dilakukan oleh sebuah control.
Contoh: Load, Click,
DoubleClick.
Kode program diketik pada
objek program (diantara Private Sub dan End Sub)
yang berada dalam lingkungan Class (diawali dengan Public Class dan diakhiri
dengan End Class).
Bentuk Umum Penulisan
Kode Program
|
Contoh:
TextBox1.Text = “Visual
Basic”
Contoh program sederhana:
- Desain awal program seperti gambar dibawah dengan menggunakan toolbox
- Atur properties sesuai dengan tabel di bawah
- Tampilan program setelah properties diubah
- Isikan instruksi berikut pada code editor (double klik pada objek yang akan diubah perintahnya)
Perintah Program:
1.Perintah pada Objek
CheckBox1
Private Sub chkoop_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtoop.Text
= “Object Oriented Programming”
End Sub
2.Perintah pada objek
CheckBox2
Private Sub chkvb_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtvb.Text = “Visual
Basic”
End Sub
3.Perintah pada objek
RadioButton1
Private Sub rdobenar_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtbs.Text = “Anda
Memilih Benar”
End Sub
4.Perintah pada objek
RadioButton2
Private Sub RdoSalah_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtbs.Text = “Anda
Memilih Salah”
End Sub
5.Perintah pada objek
Button1
Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object,
…
chkoop.Checked = 0
chkvb.Checked
= False
txtoop.Text = “”
txtvb.Clear()
txtbs.Text = “”
End Sub
6.Perintah pada objek
Button2
Private Sub btntutup_Click(ByVal sender As System.Object,
…
End
End Sub
Tampilan pada code
editor
Tujuan perintah program
– Jika
diklik CheckBox1 (OOP), maka pada objek TextBox1 (Txtoop) akan
tampil
teks: “Object Oriented
Programming”
– Jika
diklik CheckBox2 (VB), maka pada objek TextBox2 (Txtvb) akan
tampil
teks: “Visual Basic”
– Jika
diklik RadioButton1 (Benar), maka pada objek TextBox3 (Txtbs)
akan
tampil
teks:“Anda memilih Benar”
– Jika
diklik RadioButton2 (Salah), maka pada objek TextBox3 (Txtbs)
akan
tampil teks:“Anda memilih Salah”
– Jika
diklik tombol Button1 (Bersih), maka: tanda checklist pada OOP dan
VB
akan
hilang, teks pada objek Txtoop, Txtvb dan Txtbs akan
dihapus (kosong).
– Jika
diklik tombol Button2 (Tutup), maka program akan ditutup (keluar
dari
program)
- Kemudian jalankan program dengan cara klik Sart Debugging/F5 pada keyboard.Maka muncul tampilan program seperti gambar dibawah ini.
Ketika button bersih
diklik maka ceklis pada checkbox akan hilang begitu juga dengan tulisan pada
textbox.
- Kemudian klik tutup maka aplikasi akan tertutup atau keluar.
Sampai disini materi
pengenalan pada Visual Basic 2008, jika anda memiliki masukan atau komentar
anda bisa langsung menulisnya di kotak kome
Tidak ada komentar:
Posting Komentar