Jumat, 25 Mei 2018

Pengertian OOP dan contohnya



Pengertian OOP
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.
Konsep OOP
  • Abstrak Class
    1. Kelas merupakan deskripsi abstrak informasi dan tingkah laku dari sekumpulan data.
    2. Kelas dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru(blueprint) atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan objek.
    3. Kelas merupakan tipe data bagi objek yang mengenkapsulasi data dan operasi pada data dalam suatu unit tunggal.
    4. Kelas mendefinisikan suatu struktur yang terdiri atas data kelas (data field), prosedur atau fungsi (method), dan sifat kelas (property).
  • Encapsulation
    1. Istilah enkapsulasi sebenarnya adalah kombinasi data dan fungsionalitas dalam sebuah unit tunggal sebagai bentuk untuk menyembunyikan detail informasi.
    2. Proses enkapsulasi memudahkan kita untuk menggunakan sebuah objek dari suatu kelas karena kita tidak perlu mengetahui segala hal secara rinci.
    3. Enkapsulasi menekankan pada antarmuka suatu kelas, atau dengan kata lain bagaimana menggunakan objek kelas tertentu.
    4. Contoh: kelas mobil menyediakan antarmuka fungsi untuk menjalankan mobil tersebut, tanpa kita perlu tahu komposisi bahan bakar, udara dan kalor yang diperlukan untuk proses tersebut.
  • Inheritance
    1. Kita dapat mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.
    2. Penurunan sifat ini bisa dilakukan secara bertingkattingkat, sehingga semakin ke bawah kelas tersebut menjadi semakin spesifik.
    3. Sub kelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi detail dan perilaku khusus dari kelas supernya.
    4. Dengan konsep pewarisan, seorang programmer dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya pada kelas super berulang kali pada kelas-kelas turunannya tanpa harus menulis ulang semua kodekode itu.
  • Polymorphism
    1. Polimorfisme merupakan kemampuan objekobjek yang berbeda kelas namun terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama.
    2. Polimorfisme juga dapat dikatakan kemampuan sebuah objek untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan padanya, tergantung letak objek tersebut pada jenjang pewarisan.
    3. Method overriding.
    4. Method name overloading.
Demikian penjelasan mengenai oop,Sekarang  kita akan membahas mangenai  IDE Visual Basic 2008 ,control properties,method dan event.
Pertama pastikan komputer kamu sudah terinstal VB 2008,jika komputer anda belum terinstal VB 2008 anda bisa mendownloadnya dari google gampang kok asal ada kuota atau anda bisa nongkrong ke tempat tempat yang free wifi.
Langsung saja kita jalankan Vbnya dengan cara
Klik Start  »  Program  »  Microsoft Visual Studio 2008 » Microsoft Visual Studio 2008

Tampilan start page VB 2008
Membuat Project
Menu File  ð New Project  atau  Klik Create: Project atau langsung ctrl+N
Pada Project Types: pilih Windows
Pada Templates:  pilih Windows Forms Application
Pada Name:  ketik nama Project
Klik OK
Tampilan new project
Integrated Development Environment (IDE) Visual Basic 2008
Lingkungan Visual Basic 2008 terdiri dari:
  • Menubar
  • Toolbar
  • Toolbox
  • Solution Explorer
  • Properties Window
  • Form


1.Menubar  merupakan kumpulan perintahperintah yang dikelompokkan dalam kriteria operasi yang
dihasilkan. Visual Basic 6.0 menyediakan tiga belas menu.
2.Toolbar adalah sebuah batang tool yang berisi tombol-tombol dengan gambar ikon yang dapat diclik untuk melakukan suatu perintah khusus secara cepat.
3.ToolBox (Kotak Perlengkapan) yaitu kotak yang berisi objek-objek pemrograman      yang digunakan untuk menggambar atau mendesain program.
Bila Toolbox tidak muncul,  klik menu View  ð Toolbox.
4.Solution Explorer yaitu kotak yang berisi project, form, modul program yang sedang dibuat. Solution Explorer berfungsi untuk mengeksplor form dan modul yang ada didalamnya.
Bila Solution Explorer tidak muncul, klik menu View  ð Project Explorer.
5.Properties Window yaitu jendela yang berisi karakteristis atau ciri-ciri dari suatu objek pemrograman.
Bila Jendela Properties tidak muncul, klik menu View  ð Properties Window.
6.Form yaitu Lembaran Kerja pemrograman atau tempat meletakkan dan mengatur objek pemrograman.
IDE VB 2008
Control dan Properties
Control adalah sebuah objek yang dapat diletakkan dan diatur serta menjadi bagian dari sebuah form sehingga user dapat berinteraksi dengan aplikasi yang dibuat. Control atau objek pemrograman terdapat pada toolbox, contohnya textbox, label, button dan lain-lain.
Control adalah sebuah objek yang memiliki identitas dan ciri khas yang membedakan satu control dengan control yang lain walaupun dengan basic class yang sama. Contohnya dua objek button, masing-masing memiliki ciri khas atau karakteristik  seperti: ukuran, text, warna yang berbeda satu dengan lainnya.
Ciri khas tersebut pada visual basic dikenal dengan properties. Properties dapat diatur dengan dua cara yaitu: (1) melalui properties window, (2) melalui code editor.
Control atau objek yang sering digunakan pada pemrograman beserta propertiesnya.Properties yang sama pada setiap objek adalah Name yang berfungsi untuk memberi nama Objek.

Code Editor
Code Editor adalah sebuah jendela yang berfungsi untuk menulis kode program.
Untuk menampilkan Code Editor, klik menu View  ð  Code
Cara yang biasa digunakan programmer adalah dengan mengklik 2x objek yang terdapat pada Form.
Tampilan code editor
  1. Object Pemrograman atau Class Name
  2. Method Name
  3. Lembar pengetikan program
Method (Event)
Method merupakan kejadian atau aksi yang dapat dilakukan oleh sebuah control.
Contoh: Load, Click, DoubleClick.
Kode program diketik pada objek program (diantara Private Sub dan End Sub) yang berada dalam lingkungan Class (diawali dengan Public Class dan diakhiri dengan End Class).
Bentuk Umum Penulisan Kode Program
NamaObjek.Properties = Argument

Contoh:
TextBox1.Text = “Visual Basic”
Contoh program sederhana:
  •   Desain awal program seperti gambar dibawah dengan menggunakan toolbox



  •   Atur properties sesuai dengan tabel di bawah



  •   Tampilan program setelah properties diubah



  •   Isikan instruksi berikut pada code editor (double klik pada objek yang akan       diubah perintahnya)
Perintah Program:
1.Perintah pada Objek CheckBox1
Private Sub chkoop_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtoop.Text = “Object Oriented Programming”
End Sub
2.Perintah pada objek CheckBox2
Private Sub chkvb_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtvb.Text = “Visual Basic”
End Sub
3.Perintah pada objek RadioButton1
Private Sub rdobenar_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtbs.Text = “Anda Memilih Benar”
End Sub
4.Perintah pada objek RadioButton2
Private Sub RdoSalah_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtbs.Text = “Anda Memilih Salah”
End Sub
5.Perintah pada objek Button1
Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, …
chkoop.Checked = 0
chkvb.Checked = False
txtoop.Text = “”
txtvb.Clear()
txtbs.Text = “”
End Sub
6.Perintah pada objek Button2
Private Sub btntutup_Click(ByVal sender As System.Object, …
End
End Sub
Tampilan pada code editor
 Tujuan perintah program
–        Jika diklik CheckBox1 (OOP), maka pada objek TextBox1 (Txtoop) akan tampil          
 teks:  “Object Oriented Programming
–        Jika diklik CheckBox2 (VB), maka pada objek TextBox2 (Txtvb) akan tampil                 teks: “Visual Basic
–        Jika diklik RadioButton1 (Benar), maka pada objek TextBox3 (Txtbs) akan                   
tampil teks:“Anda memilih Benar
–        Jika diklik RadioButton2 (Salah), maka pada objek TextBox3 (Txtbs) akan                     
tampil teks:“Anda memilih Salah
–        Jika diklik tombol Button1 (Bersih), maka: tanda checklist pada OOP dan VB                 
akan hilang, teks pada objek Txtoop, Txtvb dan Txtbs akan dihapus (kosong).
–        Jika diklik tombol Button2 (Tutup), maka program akan ditutup (keluar dari               
program)
  •   Kemudian jalankan program dengan cara klik Sart Debugging/F5 pada keyboard.Maka muncul  tampilan program  seperti gambar dibawah ini.



Ketika button bersih diklik maka ceklis pada checkbox akan hilang begitu juga dengan tulisan pada textbox.
  • Kemudian klik tutup maka aplikasi akan tertutup atau keluar.
Sampai disini materi pengenalan pada Visual Basic 2008, jika anda memiliki masukan atau komentar anda bisa langsung menulisnya di kotak kome

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KONEKSI FORM VB .NET DENGAN DATABASE ACCES DENGAN MENGGUNAKAN CODE PROGRAM

Buat Sebuah Database dengan nama BukuTamu.mdb dan tabel dengan Identitas. Desain form berikut ini: Buatlah perintah  berikut ini ...